PENGARUH RETURN ON ASSET DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Study kasus pada 6 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2006 -2010)
Icih, SE, M.Si, Ak & Ghulam Faris Syaiful Hayat, SE

Abstrak

Return On Asset (ROA) menggambarkan sejauhmana kemampuan aset-aset yang dimiliki perusahaan bisa menghasilkan laba. Tanggung jawab sosial perusahaan merupakan suatu konsep bahwa organisasi, khususnya (bukan hanya) perusahaan memiliki suatu tanggung jawab terhadap konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan.

Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh ROA dan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2006 – 2010.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Deskriptif. Teknik analisis data menggunakan uji analisis regresi linier berganda, dan uji hipothesis dengan menggunakan alat bantu program SPSS.

Dari hasil penelitian F hitung > F tabel, yakni 24.396 > 3,35, hasil tersebut memberikan penjelasan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh ROA (X1), CSR (X2),) terhadap Nilai Perusahaan (Y) dan hasil Sig menunjukkan nilai < dari 0.05, yakni 0,039 < 0.05.

 

Kata Kunci : Return On Asset, Tanggung jawab sosial, Nilai perusahaan
 



  Masukan Nama Dosen Ke Input Pencarian.









  Nama Dosen ''-'' Tidak Ditemukan. Kembali Ke Index Print URL



© 2015 copyright | Design & Programming by ICT STIE Sutaatmadja | Login